Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami

Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami
Bekas luka

Bagi sebagian orang, penampilan adalah hal utama. Tidak hanya kostum yang dikenakan yang harus diperhatikan tetapi kesempurnaan fisik juga menjadi perhatian utama. Bagian terluar tubuh adalah kulit. Bagian inilah yang dapat dilihat oleh orang lain. Ketika kulit putih langsat, bersih tanpa noda dan tanpa bekas luka akan menjadi sebuah pemandangan yang menarik dan juga tidak menimbulkan rasa minder. Sebaliknya, jika Anda pernah mengalami insiden tertentu seperti kebakaran, tergores benda tajam, atau bekas operasi yang menggores kulit Anda dan menyebabkan bekas permanen pada kulit, ini akan menyebabkan Anda kehilangan rasa percaya diri. Bahkan bekas permanen tersebut jika dibiarkan akan menyebabkan keloid yang berbahaya bagi tubuh.

Pihak industri kimia telah melihat hal ini sebagai peluang pasar yang bagus. Diciptakanlah berbagai macam produk penghilang bekas luka yang pastinya memberikan efek samping karena bahan kimia yang digunakan. Tentu, produk seperti ini tidak cukup aman untuk digunakan. Sebagai alternatif, Anda bisa memanfaatkan khasiat bahan-bahan alami pilihan untuk menghilangkan bekas luka Anda tanpa efek samping. Meski membutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk proses pemulihan, namun kesehatan Anda dan juga tidak adanya efek samping yang ditimbulkan adalah sesuatu yang menjadi prioritas. Berikut bahan-bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk keluhan kulit Anda:

1. Madu
Madu sudah terbukti berkhasiat sejak jaman dahulu kala. Cairan yang berasa manis ini memiliki banyak manfaat yang salah satu khasiatnya adalah untuk meregenerasi sel, mendinginkan dan juga menghilangkan bekas luka. Untuk hasil yang maksimal, Anda sangat dianjurkan untuk memakai madu asli yang masih murni tanpa campuran apapun. Cara pemakaiannya cukup mudah, oleskan cairan madu di goresan bekas luka Anda dan tunggulah selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Anda bisa melakukannya secara rutin sampai indikasi hilangnya bekas luka sudah mulai tampak.

2.  Lidah buaya
Anda bisa memanfaatkan lidah buaya untuk masalah kulit Anda sebab tumbuhan ini memiliki ligmin dan juga asam amino yang sangat bermanfaat untuk regenerasi sel. Cara pemakainnya cukup praktis, oleskan gel lidah buaya pada bekas luka Anda 2-3 kali sehari. Lakukan secara rutin dan amati perubahannya.

3.  Mentimun
Buah yang satu ini selain segar ketika dikonsumsi juga berkhasiat menghilangkan bekas luka pada kulit. Pasalnya, buah mentimun yang dalam bahasa latin disebut dengan Cucumis Sativus ini tidak hanya kaya akan vitamin C tetapi juga banyak mengandung potasium yang mampu menangkal radikal bebas. Mentimun juga memiliki kadar air yang cukup tinggi sehingga segar ketika dikonsumsi. Seorang ahli kulit dari Omaha, Nebraska yang bernama Joe Schlessinger, MD menegaskan bahwa mentimun kaya akan silika yang berfungsi memproduksi kolagen dan mencegah keriput. Oleh sebab itu, banyak produk kecantikan yang memanfaatkan mentimun sebagai bahan dasar karena mampu mengencangkan, melembabkan, mengatasi jerawat dan juga menghilangkan bekas luka. Jika Anda memiliki bekas luka yang sulit hilang, Anda bisa memotong mentimun menjadi bagian kecil-kecil lalu memasukkannya ke dalam blender dan mengoleskan cairan tersebut pada bekas luka Anda setiap malam.

4. Teh hijau
Teh Hijau sarat dengan khasiat pengobatan dan kecantikan. Teh hijau kaya akan kandungan anti oksidan yang bernama Epigallocatechin Gallate (EGCG). Kandungan tersebut dipercaya 200 kali lebih berkhasiat daripada Vitamin E dan memiliki kapasitas untuk mengurangi hormon yang merangsang timbulnya jerawat, mengurangi peradangan pada kulit Anda, meminimalisir produksi minyak dan juga untuk menghilangkan bekas luka. Untuk menghilangkan luka dengan bahan alami ini, Anda bisa meminumnya secara langsung ataupun dengan menggunakannya sebagai toner. Caranya adalah, ambil handuk atau kapas, basahi dengan the hijau yang masih hangat lalu usapkan pada bekas luka Anda.

5. Buah Mengkudu
Buah Mengkudu terkenal akan khasiatnya untuk meringankan peradangan. Buah ini juga populer dengan kandungan analgesiknya yang dapat membantu meregenerasi sel-sel kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati. Untuk masalah bekas luka Anda, Anda bisa menghaluskan mengkudu dengan cara di blender, lalu balurkan pada bekas luka pada kulit Anda, diamkan selama 15-20 menit, lakukan ini 2-3 kali sehari secara rutin sampai Anda mendapati hasil yang Anda inginkan.

6. Daun Mint
Daun mint atau dalam bahasa Latin disebut Mentha Piperita adalah bahan alami yang biasa dipakai untuk produk pasta gigi, permen dan juga minyak kayu putih. Selain itu, daun mint juga diyakini dan dibuktikan mampu mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat, luka bakar dan menghilangkan bekas luka pada kulit. Untuk keluhan bekas luka pada kulit Anda, Anda bisa mengambil daun mint sebanyak beberapa lembar, tumbuk hingga halus sampai berbentuk scrub lalu oleskan pada bagian bekas luka pada kulit Anda.

7. Minyak Zaitun
Bahan alami yang biasa disebut dengan istilah Olive Oil ini memiliki banyak khasiat. Minyak zaitun cukup mudah didapatkan seperti di supermarket-supermarket terdekat dan di toko-toko herbal. Cara pemakaiannya cukup mudah. Ambil kapas lalu teteskan beberapa tetes minyak zaitun kemudian usapkan pada bagian bekas luka pada kulit Anda. Ada baiknya Anda melakukan massage pada bagian-bagian tertentu sehingga akan melancarkan sirkulasi darah dan membantu meregenerasi sel kulit Anda yang telah mati.

8. Ramuan beras kencur
Selain populer dengan sebutan jamu beras kencur, ternyata kombinasi beras dan kencur juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka pada kulit Anda. Caranya cukup mudah, Anda rendam beras selama 15 menit, tiriskan lalu tumbuk hingga halus dan tambahkan beberapa ruas jari kencur yang telah dikupas. Tumbuklah sampai tercampur dengan merata. Setelah itu bubuhkanlah pada kulit yang ada bekas lukanya.

9. Daun Pare
Pare yang terkenal dengan rasanya yang pahit dalam bidang medis dan pengobatan alternative sudah terkenal khasiatnya. Selain itu, daun pare juga dipercaya mampu mengatasi permasalahan kulit seperti bekas luka. Caranya, Ambil beberapa lembar daun pare, remas-remas sampai halus, tambahkan air hangat, lalu peras. Campurkan air perasan itu dengan 2 sendok makan tepung beras hingga berbentuk seperti lotion lalu aduklah sampai rata. Setelah itu balurkan pada kulit bekas luka Anda.

10. Minyak biji pangkal bunga mawar
Anda bisa menggunakan minyak biji pangkal bunga mawar untuk mengatasi masalah bekas luka pada kulit Anda. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak ini pada bagian yang dimaksud lalu memijatnya selama 15 menit. Anda bisa melakukannya 2 kali setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Dengan bahan-bahan herbal tersebut, bekas luka pada kulit Anda akan tampak samar dan hilang secara perlahan. Jika ada yang aman kenapa harus mencari bahan yang memiliki efek samping? Selamat mencoba dan rasakan perubahan pada kulit Anda.  

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara menghilangkan bekas luka dengan bahan alami